01 Maret, 2011

VERTICAL LIMIT: Antara Keputusan dan Pengorbanan

Vertical Limit Film yg menurutku sangat keren dan tidak membosankan, mungkin karen aku pecinta olah raga climbing dan alam bebas sehingga sangat menikmati tantangan demi tantangan dalam film ini. film yang dibintangi Chris O'Donnel (peter) ini memiliki banyak pelajaran yang unik mulai keharusan mengambil keputusan, pengorbanan, kegigihan, dan cinta. Namun yang paling menginspirasiku adalah keberanian seorang Royce & Peter dalam mengambil keputusan. Dalam film itu berkisah tentang sekelompok climber (Royce Garret beserta anaknya Peter & Anne, berikut dua orang climber lainnya) sedang memanjat tebing tinggi kemudian terjadi sebuah insiden tragis, yang menyebabkan nyawa mereka dalam bahaya, dua orang climber terjatuh terlebih dahulu. Sehingga tersisa tiga orang yaitu Royce dan kedua anaknya. Ternyata kematian masih mengincar mereka karena cok(pengaman) tidak mampu menahan beban tiga orang, sehingga harus ada yang rela mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan yang lain, dan dalam hal ini adalah sang leader yang juga ayah mereka Royce mengorbankan dirinya demi kedua anaknya agar tetap selamat. Kemudian diperintahkannya Peter sang anak untuk memotong talinya, namun Annie melarang keras hingga menangis histeris karena sadar bahwa ayahnya akan pergi untuk selamanya, di tengah pilihan yang dilematis ini Peter harus mengambil keputusan yang tepat dan cepat. Dan dengan berat hati dipotongnya lah tali ayahnya. Sang ayah pun tewas namun Anne dan Peter berhasil selamat.
Peristiwa ini menyebabkan kakak adik Peter dan Anne tidak bertegur sapa sekian lama. Peter yang hidup dihantui rasa berdosa atas kematian ayahnya, dan Anne yang membenci kakaknya yang dia anggap telah membunuh ayah mereka.
Setelah beberapa tahun hidup dalam penyesalan Peter bertemu dengan sang Legenda Himalaya Mogomentry Wick yang mengatakan kepadanya “pilihanmu adalah pilihan tepat dan setiap pendaki hebat akan melakukan itu, jika dia(ayahmu) memiliki pisau dia akan melakukannya sendiri”.
Setidaknya inilah pelajaran yg paling berharga yg dapat kita ambil. Terkadang kita harus mengambil keputusan yg dilematis dan tentu dengan konsekuensi logis. Disaat kita menjadi beban dan problem bagi orang lain maka kita harus berani bersikap bahkan mengorbankan diri seperti tokoh Royce Garret agar beban dan masalah orang lain bisa musnah. Dan kita juga harus berani mengambil keputusan berat seperti Peter walaupun terkadang akan membuat orang seperti Anne kecewa dan membencinya. Namun itulah hidup, Karena Hidup adalah Pilihan dan untuk melihat kenyataan…

2 komentar:

  1. mantebs, hehe..akhirnya km bikin blog juga ^_^

    BalasHapus
  2. Sudah lawas bro,, tahun 2009 meolahnya,,tapi kada diurus...hahaha

    BalasHapus