04 Oktober, 2012

Hari Ini Atau Besok?


            Malam ini ada lagi pertanyaan filosofis yang sedikit membuatku tergelitik untuk berkontemplasi. pertanyaannya adalah “Apakah Hari Ini Yang Menentukan Hari Esok, Ataukah Hari Esok Yang Menentukan Hari Ini?  
             Terkait dengan hal ini belakangan training motivasi menjadi sebuah kegiatan baru yang menjamur dimasyarakat, jamaahnyapun banyak tentunya dengan harapan setelah mengikuti training atau seminar motivasi bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik entah itu dalam ekonomi, kepribadian, manajemen, ke-agamaan, hingga hubungan suami-istri. Mungkin mereka pikiran keluar modal sedikit untuk mendapatkan wejengan-wejengan dari motivator gak masalah lah. Tapi pada faktanya? minim progress dan negeri ini tetap saja stagnan dalam kesedihan yang berkepanjangan karena krisis multidimensi.

             Kembali kepertanyaan “hari ini menentukan hari esok” ada sebuah ungkapan The future is not about tomorrow, the future is about what you are doing today.
Jika melihat dari ungkapan diatas berarti kita sedang berfikir untuk hari karena masa depan tergantung langkah hari ini. Rasional karena itu adalah hukum alam, sebab-akibat.
Namun bagaimana jika logika hari ini menentukan besok kita balik menjadi hari esok yang menentukan hari ini?
Pada faktanya apa yang kita lakukan hari ini pasti berdasarkan pertimbangan, prediksi atau ramalan dimasa yang akan datang. contoh: disaat kita ingin kaya sudah semestinya harus bekerja keras, atau ingin masuk surga ya bertakwa kepada Tuhan.
Dan dari pertimbangan akibat yang mungkin terjadi dimasa yang akan datanglah dalam hal ini yang akan menjadi motivasi dan menentukan strategi untuk melangkahkan kaki hari ini tapi ya sudahlah tergantung bagaimana memahaminya saja.
Mata saya sudah lelah, sebelum tidur saya bertanya tentang pernyataan yang tepat untuk menutup kontemplasi sya malam ini.
            Malam sudah larut sebaiknya saya istirahat saja, karena jika saya istirahat maka besok menjadi fit dan kembali bersemangat. Ataukah, untuk kembali fit dan bersemangat besok sebaiknya saya istirahat saja sekarang.  :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar